RESUME PKKMB UNUSA DAY 2

                                        

 

Materi I 

Bagas Satrio Wicaksono - Agas (Mahasiswa Berprestasi 

Teknik Kelautan ITS, Cast Clash of Champion)  

Tema: Tantangan dan Peluang Mahasiswa dalam Revolusi 

Industri 4.0 dan Society 5.0


peran mahasiswa pada era Society 5.0. sebagai berikut:

1. Agent of Change: Mahasiswa memiliki peran sebagai agen perubahan dalam mencapai Era Society 5.0. Era ini menuntut solusi kreatif dan inovatif untuk berbagai masalah sosial, ekonomi, dan lingkungan. 

2. Political Control: Mahasiswa juga memiliki peran penting dalam pembangunan politik di Era Society 5.0 dan Revolusi Industri 4.0. Era ini membawa perubahan politik yang signifikan, terutama dengan berkembangnya teknologi seperti pemungutan suara elektronik dan analisis data politik. 

3. Guardian of Value: Mahasiswa diharapkan dapat menjaga nilai-nilai yang penting dalam Era Society 5.0. 

4. Iron Stock: Era Society 5.0 akan membawa perubahan yang cepat dan tidak terduga. Mahasiswa diharapkan menjadi "Iron Stock," yaitu menjadi kekuatan yang kuat dan tangguh dalam menghadapi perubahan ini.

5. Role Model: Mahasiswa dapat menjadi teladan bagi generasi muda lainnya dalam menghadapi perubahan menuju Era Society 5.0. 

6. Moral Force: Mahasiswa diharapkan dapat menjadi kekuatan moral yang mendorong perubahan positif dalam masyarakat.



Materi V

Prof. Dr. Haryono Umar, SE., Ak., M.Sc., CA - Mantan Wakil Ketua KPK, Guru Besar UMJ, dan Wakil Rektor Perbanas Institute

Tema: Generasi Muda Berintegritas Anti Korupsi


Pemuda bisa membantu menciptakan negara Indonesia yang bersih dari korupsi dengan mengamalkan hidup berintegritas dan memperkuat pendidikan agama. Selain itu, aktif menyuarakan gerakan antikorupsi dan melaporkan dugaan korupsi juga penting. Selain itu, ikut dalam barisan penyuluh antikorupsi juga dapat menjadi langkah yang efektif. Para penyuluh antikorupsi membantu KPK memberikan penyuluhan antikorupsi di masyarakat. Bergabung dalam program ini memerlukan pelatihan dan uji kompetensi untuk menjadi penyuluh antikorupsi yang kompeten. Ini adalah langkah konkret yang bisa dilakukan oleh pemuda untuk menyelamatkan negara dari korupsi. Jadi, mari bersama-sama berperan aktif dalam mencegah dan melawan korupsi di Indonesia.


Materi VII 

Muslikha Nourma Rhomadhoni, S.KM., M.Kes. - Kaprodi  D4 K3 UNUSA 

Tema: Peran Mahasiswa dalam Kepedulian Lingkungan untuk Kesehatan dan Perwujudan Indonesia Emas

Mahasiswa memiliki peran penting dalam menjaga lingkungan dan mewujudkan Indonesia Emas, di antaranya: 

* Menjadi contoh bagi masyarakat: Mahasiswa dapat menjadi contoh bagi masyarakat sekitar dalam menjaga lingkungan dan kebersihan. 

* Mengadakan kampanye: Mahasiswa dapat mengadakan kampanye untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang isu-isu lingkungan, kesehatan, atau sosial. Contohnya, kampanye pengurangan penggunaan plastik sekali pakai, penghijauan, dan pemanfaatan energi terbarukan. 

* Membuat konten edukasi: Mahasiswa dapat memanfaatkan teknologi untuk membuat konten edukasi yang dapat meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam menjaga lingkungan. 

* Meningkatkan kualitas pendidikan: Mahasiswa dapat aktif dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. 

* Mengembangkan inovasi dan teknologi: Mahasiswa dapat mengembangkan inovasi dan teknologi. 

* Mengembangkan kepemimpinan dan kewirausahaan: Mahasiswa dapat mengembangkan kepemimpinan dan kewirausahaan. 

* Memperkuat nilai-nilai kebangsaan dan integritas: Mahasiswa dapat memperkuat nilai-nilai kebangsaan dan integritas. 

* Mahasiswa memiliki potensi besar untuk membawa perubahan karena memiliki wawasan yang luas, kritis, dan kreatif. Mahasiswa juga harus memiliki jiwa sosial yang tinggi dan peduli terhadap lingkungan sekitar.

Link blog teman saya : https://putroluhur.blogspot.com/2024/09/resume-hari-ke-dua.html

Komentar

Postingan Populer